KEGIATAN MPLS SMK BOEDILUHUR

Apa itu MPLS?

            Secara sederhana, MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah dalam rangka memperkenalkan kepada murid baru pada segala hal yang berkaitan dengan sekolah.

Menurut saya MPLS merupakan kegiatan pengembangan diri dan pelatihan kepemimpinan, dimana para peserta didik baru yang baru mendaftar dilatih untuk menjadi kepribadian yang disiplin dan berjiwa tangguh, serta membentuk personalisasi dari siswa tersebut menjadi lebih baik. Dimana mereka bisa saling mengenal satu sama lain dan bersosialisasi serta beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Disini saya ingin membagikan pengalaman saya selama menjadi panitia kegiatan MPLS.

Deskripsi

Kegiatan MPLS dimana murid-murid baru berdatangan kami telah dipilih sebagai panitia dari kegiatan ini merasa terhormat karena diberikan tanggung jawab untuk membimbing siswa-siswi baru di SMK Boedi Luhur, kegiatan ini berlangsung selama 4 hari dari pagi hingga siang, setiap panitia dibagi menjadi 6 gugus yang masing-masing akan memandu para peserta MPLS.

Banyak kegiatan yang kami lakukan demi mengenal satu sama lainnya, kami sholat, bermain, bernyanyi, serta makan bersama pada waktu istirahat tiba. Kelihatannya memang agak melelahkan tetapi keseruan yang ada didalam kegiatan ini membuat kami lupa akan rasa lelah, walaupun kelihatannya tak sesingkat itu tapi dengan usaha dan kerja keras kegiatan MPLS ini pun berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

PRA-MPLS Day 1

PRA MPLS dihari pertama yaitu PRA MPLS adalah masa pembekalan para peserta MPLS untuk mengumumkan apa saja yang harus mereka persiapkan dalam kegiatan MPLS selama 3 hari kedepan, semua peserta dikumpulkan dilapangan untuk diberikan pengarahan serta pembekalan untuk persiapan kegiatan dan mereka, mereka semua berbaris dan Pembina MPLS pun menjelaskan ruangan-ruangan serta fasilitas yang ada disekolah.

Para ketua koordinator gugus masing-masing telah dibagikan jadwal kegiatan serta absen peserta gugus dan tibalah saat pembagian gugus, masing-masing coordinator gugus maju dan menyebutkan nama-nama peserta yang telah dibagikan, dan peserta yang sudah disebut dipersilahkan masuk kekelas gugus masing-masing.

Antusiasme yang tinggi dari para peserta sempat membuat kami kewalahan tetapi semua itu berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Mereka duduk membentuk lingkaran dan diberikan secarik kertas dan pulpen untuk menulis nama serta nomor mereka agar mereka bisa saling mengenal, para peserta pun maju satu persatu untuk menjelaskan nama, jurusan, serta hobi mereka masing-masing yang sungguh menarik dan beragam.

Sebelum pulang mereka semua diumumkan untuk membawa ATK, makan/minum, serta membuat nametag dari karton berwarna hijau dan menulis nama mereka diatasnya yang kemudian akan dikalungkan dengan tali agar mereka mudah dikenal untuk besok dan hingga MPLS berakhir.

MPLS Day 2

MPLS hari pertama dimana para peserta dikumpulkan dilapangan pada Selasa pagi, semua anggota OSIS bersiap untuk menjadi panitia apel dalam rangka pembukaan kegiatan MPLS yang berupa upacara serta pengguntingan pita merupakan peresmian yang menandakan bahwa kegiatan MPLS siap dilaksanakan, dan akhirnya Apel pembukaan MPLS selesai dan berjalan dengan baik tanpa adanya halangan.

Setelah apel selesai para peserta dipersilahkan untuk beristirahat sejenak dikelas setelah itu mengambil wudhu untuk menjalankan sholat Dhuha bersama dikelas,

Dan akan dilanjutkan dengan pengenalan masing-masing kejuruan yang akan dilaksanakan di Aula SMK BOEDILUHUR, mereka semua berbaris dan dibimbing ke Aula untuk diberikan informasi lebih lanjut tentang masing-masing kejuruan dan seragam masing-masing kejuruan.

Setelah itu kami kembali kekelas dan dipersilahkan makan dan beristirahat serta ice breaking dan bermain permainan kecil untuk mencairkan suasana, kelas kembali ramai diisi dengan tawa dan keceriaan, setelah istirahat mereka semua kembali duduk dengan rapih sambil menunggu waktu pulang tiba dan sebelum itu mereka diumumkan untuk berdiskusi soal yel-yel karena akan diadakannya lomba adu yel-yel pada hari ke-3 MPLS.

MPLS Day 3

Dan dihari ke-3 ini mereka sudah dijadwalkan untuk memakai baju Olahraga bebas karena akan ada kegiatan Bakti Sosial untuk membersihkan lingkungan kelas, serta menampilkan yel-yel yang telah mereka diskusikan sebelumnya dan akan dipilih satu orang sebagai ketua untuk memimpin yel-yel tersebut, suasana kelas diwarnai dengan baju olahraga mereka yang beragam dari berbagai sekolah.

Tetapi sebelum semuanya dimulai tidak ketinggalan kami sholat Dhuha bersama dikelas seperti hari sebelumnya.

Setelah itu kami semua membagi tugas masing-masing dan mengambil peralatan untuk bersih-bersih mereka dibagi menjadi 2 kelompok yang akan membersihkan 2 kelas, ada yang mengepel, menyapu serta membersihkan jendela.

Setelah bersih-bersih selesai kami kembali kekelas dan beristirahat serta bersiap untuk menampilkan yel-yel terbaik kami, mereka semua berbaris dan setiap kelas menyanyikan dan menghafalkan yel-yel nya masing-masing dengan penuh semangat.

Tibalah saat lomba yel-yel tiba seluruh peserta berbaris keluar kelas untuk kelapangan dan menampilkan yel-yel yang telah kami siapkan dikelas, tibalah saat yang menegangkan saat setiap kelas dipanggil satu persatu untuk menampilkan yel-yel terbaik mereka.

Satu persatu gugus dipanggil untuk menampilkan yel-yel, dan mereka semua berdiri didepan lapangan membentuk lingkaran dan dengan satu orang memimpin dengan semangat membara dan berusaha maksimal menampilkan yel-yel mereka agar dapat menjadi yel-yel terbaik dan menang dengan bangga.

Saat gugus kami dipanggil saya cukup ragu karena penamoilan dari gugus sebelumnya luar biasa, dan saat kami maju ada beberapa orang lupa dengan lirik yel-yel nya tetapi kami tetap berusaha maksimal untuk menampilkan yang terbaik walaupun mungkin tidak sebagus gugus sebelumnya tetapi saya bangga dengan gugus saya karena meskipun begitu mereka semua tetap semangat dan tidak berkecil hati.

Akhirmya adu yel-yel selesai kami semua kembali kekelas untuk beristirahat, makan/minum dan kembali bercanda dikelas serta membicarakan soal yel-yel yang telah mereka tampilkan dan menanti pengumuman pemenang yel-yel terbaik esok hari.

MPLS Day 4

Tibalah di pengujung kegiatan MPLS 2022 hari penentuan yel-yel terbaik, dan peserta MPLS terbaik yang diawali dengan Upacara Penutupan kegiatan MPLS para peserta kembali berbaris dilapangan dan para koordinator kembali memimpin sebagai panitia Upacara Penutupan kegiatan MPLS.

Sampai akhirnya Upacara berjalan dengan lancar dan kami pun kembali kekelas untuk beristirahat sejenak dan menanti pengumuman pemenang dari lomba, hinggalah tibalah saatnya seluruh peserta kembali dikumpulkan dilapangan untuk menyaksikan penampilan dari pemenang lomba yel-yel terbaik.

Pemenang lomba akhirnya diumumkan dan tampil sekali lagi didepan lapangan dan menyanyikan kembali yel-yel mereka dengan bangga dan penuh semangat sebagai pemenang.

Para pemenang lomba akan diberikan sebuah hadiah berupa kado yang berisikan se dus makan serta minuman kepada masing-masing pemenang dari juara3 hingga juara satu isi dalam kado mereka berbeda-beda, yaaah…meskipun gugus kami tidak menang tetapi kami tetap semangat dan tidak berkecil hati, saya tidak sedikitpun kecewa dengan mereka karena saya tahu kalau mereka sudah semaksimal mungkin untuk tampil walaupun begitu.

Akhirnya kegiatan MPLS ini selesai dan berjalan dengan baik dan lancar sebenarnya agak sedih berpisah dengan gugus saya walaupun berlangsung hanya 4 hari tapi kami merasa sangat akrab, dan mereka semua akhirnya siap untuk sekolah.

Sebagai penutup acara semua perwakilan dari berbagai Ekstrakulikuler menampilkan pentas terbaiknya yang telah mereka siapkan dari jauh-jauh hari mulai dari Pramuka, Voli, Basket dan Hadroh tinggal ketinggalan kami para anggota OSIS pun turut memeriahkannya dengan penampilan Paskibra yang telah dilatih selama berminggu-minggu dengan penuh semangat sebagai penampilan terakhir dan ditonton para peserta MPLS yang hadir dengan meriah.

Berakhir sudah kegiatan MPLS ini begitu banyak pengalaman yang saya dapat di momen MPLS ini suka dan duka dalam kegiatan ini saya rasakan, senang rasanya bisa andil sebagai panitia dalam kegiatan MPLS ini yang penuh dengan keceriaan selesai sudah tugas kami membimbing mereka dalam kegiatan MPLS ini hingga akhirnya mereka siap untuk bersekolah di SMK BOEDILUHUR.